BENGKEL TEFA TBSM SMKN 12 MALANG SUDAH MULAI BEROPERASI

BENGKEL TEFA TBSM SMKN 12 MALANG SUDAH MULAI BEROPERASI

Selasa, 13 November 2018 Bengkel Tefa TBSM SMKN 12 Malang sudah mulai beroperasi.

Tefa singkatan dari teaching factory yang berarti pengembangan dari unit produksi yakni penerapan sistem industri mitra di unit produksi yang telah ada di SMK.

Penerapan teaching factory  di SMK merupakan wujud dari salah satu upaya Direktorat Pembinaan SMK untuk lebih mempererat kerjasama atau sinergi antara SMK dengan industri.

Menurut Kuswantoro (2014), teaching factory menjadi konsep pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya untuk menjembatani kesenjangan kompetensi antara pengetahuan yang diberikan sekolah dan kebutuhan industri.

Bengkel Tefa di SMKN 12 Malang ini menyediakan spare part jenis moving pass atau cepat habis seperti kanvas rem, rem depan, kanvas rem cakram, rantai dan lainnya. Dari segi harga, harga yang tawarkan lebih murah dari biasanya. Dari segi kualitas, kualitas yang disediakan dari yang ori sampai kw. Bengkel Tefa ini menggunakan produk dari Yamaha dan Suzuki.

“Siswa sudah dipercaya untuk membuka bengkel dengan wadah yang diberikan sekolah ini, diharapkan mereka lebih mengenal dunia industri atau dunia kerja sesuai keahlian,” demikian kata Pak Aan Susanto, S.Pd. salah satu guru pembimbing di jurusan TBSM ini.

Apresiasi dari siswa yang menjalankan bengkel sangat baik. Seperti halnya Danang Oktafiansa dari XI TBSM-2 mengatakan, “Bengkel ini akan sangat membantu untuk warga SMKN 12 Malang maupun yang berada di sekitar wilayah SMKN 12; karena bengkel tersebut tidak hanya diperuntukan bagi siswa saja, melainkan juga untuk seluruh warga SMKN 12 Malang juga masyarakat umum. Adapun manfaat bagi siswa TBSM sendiri tentu saja untuk belajar lebih, sebelum terjun ke dunia prakerin. Tapi pada dasarnya dibukanya bengkel tersebut bertujuan untuk sarana pembelajaran bagi siswa yang mendekati kondisi riil di bengkel.”

Semoga Bengkel Tefa ini bisa berkembang dengan cukup baik dan semoga dengan adanya bengkel ini bisa membawa manfaat bagi berbagai pihak.

By: FalenSatrioRoniTimjurnalistiksmechatwolasma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Atas