TEFA MULTIMEDIA: Jembatan Siswa Menuju Dunia Industri

TEFA MULTIMEDIA: Jembatan Siswa Menuju Dunia Industri

Tefa merupakan singkatan dari teaching factory yang berarti pengembangan dari unit produksi yakni penerapan sistem industri mitra di unit produksi yang telah ada di SMK.

Menurut Kuswantoro (2014), teaching factory menjadi konsep pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya untuk menjembatani kesenjangan kompetensi antara pengetahuan yang diberikan sekolah dan kebutuhan industri.

Salah satu tujuan pendidikan SMK adalah menyiapkan siswa agar menjadi orang produktif yang mampu bekerja mandiri, tanggung jawab, dan mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dan program keahlian yang dipilihnya.

Melalui TEFA, SMKN 12 Malang bertujuan membangun karakter para siswa untuk siap di dunia industri sebelum menuju prakerin dan sebelum terjun langsung di masyarakat.

Jurusan Multimedia di SMKN 12 Malang kini sedang mengoperasikan tefa dengan produksi:
1. Pembuatan kartu pelajar
2. Pembuatan payung souvenir
3. Design baju dan banner pamflete
4. CV
5. Foto studio, foto outdoor, cetak foto, dll.

“Dengan adanya tefa ini dapat mempermudah siswa untuk memesan sesuatu design yang mereka inginkan, dan memberi pengalaman kepada siswa yang membuat design” begitu kata Dian Adinata XI MM-1, salah satu siswa pelaku tefa.

Semoga dengan adanya pembelajaran Tefa ini, nantinya bisa meningkatkan skill atau kompetensi siswa SMKN 12 Malang dan mengubah suasana sekolah, seperti halnya industri dengan berbagai aktivitas nyata seperti di dunia industri yang sebenarnya.

By: Iin&Nanda-timjurnalistiksmechatwolasna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Atas